Trending

Monday 8 October 2018

RAJA DARI SEGALA RAJA SHOLAWAT SHOLAWAT AL FATIH




RAJA DARI SEGALA RAJA SHOLAWAT.
SHOLAWAT AL FATIH..
SAYYIDUSH SHOLAWAT.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh….Sahabat-sahabat yang aku hormati semuanya, tidak kira di mana jua berada. Baik dari dunia nyata mahupun sahabat-sahabat dari dunia ghaib. Segala puji syukur kehadirat Allah swt. Selawat senantiasa dihaturkan keatas Junjungan Baginda Nabi Muhammad saw. Tiada setitik niat pun dihati ini untuk menggurui siapa, hanya mencari dan mengharap ridho Allah swt semata. Dan dengan kerendahan hati yang paling dalam, izinkan aku yang miskin ilmu lagi dhoif ini, berbagi sedikit ilmu dan pengalaman untuk dikongsi bersama sahabat-sahabat semua.... Insha' Allah....
Artikel kali ini masih tentang salah satu Raja Dari Segala Raja Sholawat iaitu Sholawat Al Fatih dari Kitab Sayyidush Sholawat yang aku kutip dan terjemahkan ke bahasa Melayu untuk manfaat kita bersama.
Raja Dari Segala Raja Sholawat.
Ini adalah Rajanya Sholawat (Raja dari segala Raja sholawat), dan ini juga merupakan sholawat yang sempurna, kerana mengandung empat unsur sholawat yang Agung (Sholawat Sulthon, Sholawat Adzimiyah, Sholawat Fatih, Sholawat Ismul 'Adzhom ) ke empat sholawat tersebut memiliki fadhilah dan keutamaan yang luar biasa dan Sirr yang agung.
Insya' Allah kita dapat langsung merasakan keistimewaan dari sholawat ini.
TATA CARANYA :
Bacalah sholawat ini 3x (tiga kali) waktunya bebas yang penting kita harus dalam keadaan suci/berwudhu.
Tempatnya juga harus suci dari najis.
Menghadap kiblat.
Bacalah dengan khusyu’/ tenang (tidak terburu-buru).
Dan pada saat membaca di hitungan yang kedua kita akan mulai merasakan tiupan angin secara perlahan- lahan yang sejuk yang menerpa tubuh kita. Menjadikan perasaan kita bertambah damai dan tenteram, angin itu berhembus meskipun kita sendiri berada dalam ruangan yang tertutup. (wallahu a'lam, wa huwa ala qulli syain qodiir).
Siapapun boleh mengamalkan sholawat ini kerana sudah di ijazahkan secara umum kepada seluruh kaum muslimin. Membaca sholawat artinya kita tawajuh/langsung dengan Rasulullah. Sholawat itu sendiri dapat mempercepat Wushulul Ma'rifat Ilallah. Silahkan para sahabat untuk mengamalkannya, semoga bermanfaat.
SHOLAWAT AL FATIH.
Sholawat ini dikarang oleh Syech Sayyid Muhammad Syamsuddin ibn Abil Hasan al Bakri RA.
Al-Ustadz as-Sayyid Ahmad Dahlan rahimahullahu ta'ala menyebutkan Sholawat al-Fatih di bawah ini dalam kitab majmu'ahnya dan beliau berkata bahwasanya sholawat tersebut dinisbatkan kepada Sayyidi Al-Quthb al-Kamil As-Sayyid Asy-Syarif Asy-Syaikh Abdul Qadir al-Jailani radhiyallahu 'anhu, dan beliau juga berkata bahwa Sholawat al-Fatih ini merupakan diantara amalan yang bermanfaat bagi para pemula, tingkat tinggi dan tingkat menengah.
Sungguh, banyak ulama ahli makrifat telah menyebutkan rahasia-rahasia dan keajaiban-keajaiban yang membuat mereka yang memiliki mata batin terkesima, dan sesungguhnya barangsiapa yang mendawamkan/istiqomah untuk mengamalkannya setiap hari sebanyak 100 kali maka akan tersingkap baginya berbagai hijab dan ia akan mendapatkan nur pencerahan dan keperluan-keperluannya akan terpenuhi dengan satu nilai yang tidak diketahui oleh siapapun kecuali hanya oleh Allah ta'ala.
SHOLAWAT FATIH.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .
Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammaddinil Fatihi Lima Ughliqo Wal Khotimi Lima Sabaqo, Nashiril Haqqi Bil Haqqi Wal Hadi Ila Shirotikal Mustaqim Wa Ala Alihi Haqqo Qodrihi Wa Miq Darihil Adzim...
ARTINYA :
" Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanmu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar - benar kekuasaannya yang Maha Agung."
MANFAAT DAN FADHILAHNYA :
Sholawat ini dikarang oleh Syech Sayyid Muhammad Syamsuddin ibn Abil Hasan al Bakri RA.
Keutamaan sholawat Fatih (Al-Fatih) yang terkenal dengan sebutan al-Yaqutah al-Faridah atas redaksi sholawat lainnya seperti lebih hebatnya burung Qatha berjalan di waktu malam dibandingkan dengan rayapan semut.
Tidak ada bentuk sholawat kepada Nabi yang dapat membandinginya untuk seseorang dapat/bisa wushul kepada Allah dan mendapat pahala.
Keutamaannya tidak dapat dibatasi dan tidak dapat dianalogikan oleh akal. Kerana keutamaan yang Allah berikan tidak mampu difikirkan akal cerdas manusia.
Sholawat Fatih (Al-Fatih) memiliki banyak bentuk redaksi yang lebih mahal dari mutiara berharga. Jika engkau menginginkannya, maka bertanyalah kepada pelindung thariqah.
KHASIAT DAN FADHILATNYA :
- Keutamaannya dapat melipat bumi tempat yang luas dengan sekejap mata. Dengan membaca Sholawat Fatih (Al-Fatih) orang yang pincang dapat mendahului berlarinya orang yang sehat.
- Banyak keberuntungan yang dapat diraih dengan membaca Sholawat Fatih (Al-Fatih). Terutama apabila dibaca pada malam hari selepas shalat Isya'.
- Keutamaan satu kali membacanya di waktu malam seperti 500 kali membacanya di waktu siang lantaran pahala menjadi berlipat ganda.
- Banyaknya istana(di Surga) dan berdampingan dengan Nabi Muhammad serta para bidadari yang cantik dan pelayan-pelayan dari wanita dan pria.
- Mendapat pahala Haji, Umrah dan berperang ratusan dan puluhan kali.
- Seandainya seseorang melakukan dosa sebanyak 400 tahun, maka dosa itu akan diampuni oleh Allah dengan sebab membaca Sholawat Fatih (Al-Fatih) sebanyak 100 kali pada malam Jumaat.
- Keutamaannya memiliki 8 martabat sebagiannya telah diungkap oleh Putra Said yang bernama Syaikh Umar Ibn Said al-Futiy dengan satu titik.
- Diantaranya :
Membaca Sholawat Fatih (Al-Fatih) satu kali sama dengan 600 kali bacaan dari ribuan sholawat para malaikat, manusia dan jin.
Dari awal mereka diciptakan sampai waktu Sholawat Fatih (Al-Fatih) diucapkan. Dengan adanya izin dari Sayyid Ahmad al-Tijaniy sekalipun dengan perantara. Banyak sekali pelipat gandaan pahala dalam membaca Sholawat Fatih (Al-Fatih) yang pertama, kedua sampai seterusnya.
Pahala yang berlipat sebanding dengan zikir yang dilakukan oleh makhluk di alam ini dengan 6000 kali lipat/ganda dan mendapat ampunan dari segala dosa. Oleh sebab itu janganlah engkau tinggalkan, lantaran membacanya menghilangkan dosa-dosa kita dan mendapat keutamaan tersendiri dari yang lainnya.
Wafat dalam agama Islam yang merupakan nikmat tertinggi, apabila engkau melazimi (istiqomah) Sholawat Fatih (Al-Fatih) setiap hari satu kali sampai kematian menjemput. Syaratnya adalah mendapat izin dari Sayyid Ahmad al-Tijaniy sekalipun melalui perantara(tawassul) agar mendapat keutamaannya. Disertai keyakinan bahwa Sholawat Fatih (Al-Fatih) itu datang berupa lembaran dari cahaya yang turun dengan Kalamullah.
Pengarang kitab Rimah Hizb al-Rahim menyebutkan 10 persyaratan. Beliau mengatakan 10 syarat tersebut tidak diketahui kecuali oleh orang-orang khusus.
Pahalanya merantai bagi seluruh ciptaan Allah tanpa 10 syarat.
Diriwayatkan dari Sayyid al-Bakri bahwa Sholawat Fatih (Al-Fatih) diturunkan sebagai tebusan dari Neraka Jahim sekalipun dibaca sekali.
Demi Allah, aku tidak pernah melihat satu zikir yang mendekatkan(wushul) diri kepada Allah yang memiliki tingkatan yang agung seperti Sholawat Fatih (Al-Fatih). Janganlah engkau melalaikannya sehingga menyesal dikemudian hari seperti penyesalan seorang yang bernama Kusai dan seperti orang yang menetapkan keputusannya (al-farazdaq).
Peganglah sekuat-kuatnya dengan gigi gerahammu selamanya, maka engkau akan mendapat derajat menjadi (wali) Aqthab dengan segala wasilah.
Janganlah engkau pindah kepada bentuk sholawat lainnya, apabila engkau termasuk orang yang cerdas. Di dalam Sholawat Fatih (Al-Fatih) telah mencakup setiap bentuk sholawat yang ada di alam. Dan lebih unggul dengan banyak rahasia serta banyak sesuatu sangat mahal nilainya.
Keutamaan Sholawat Fatih (Al-Fatih) juga dijelaskan oleh Syaikh Ubaidah Ibn Muhammad, beliau memunculkan hal-hal ajaib dalam kitabnya yang bernama Mizab al-Rahmah.
Ya Allah, balaslah beliau dengan kebaikan-kebaikan dan berikanlah balasan yang baik kepada setiap pengarang yang mengikuti ajaran Sayyid Ahmad al-Tijaniy.
KHASIAT DAN CARA GUNANYA :
Untuk menghilangkan pikiran yang resah atau susah.
1.) Barangsiapa membaca sholawat al Fatih tersebut, seumur hidup sekali saja. Insya' Allah diselamatkan dari Api Neraka.
2.) Membaca Sholawat Al Fatih satu kali seperti membaca sholawat 10.000 x (ada yang mengatakan 600.000 x ).
3.) Untuk melepaskan semua kesulitan, misalnya agar dapat segera membayar hutang, urusan yang sukar segera dapat solusinya, agar rezekinya lancar, sakit berat, sihir/santau dan lain-lain.
* Untuk memperoleh sesuatu yang dimaksud(hajat), sebaiknya Shalawat Fatih dibaca secara istiqomah/rutin terutama dibaca tengah malam 100x selama 40 hari. Atau lebih ampuh lagi dibaca setiap malam dengan cara sholat Hajat dua rakaat. Setelah salam tawassul/hadiah fatihah kepada para Nabi, Auliya', Syuhada', Ulama', Ahli Kubur yang Mukmin, kemudian membaca Sholawat Fatih 100x.
4.) Apabila Sholawat Fatih dibaca setelah sholat Subuh 21x, Allah akan memberi luas rezekinya, sabar hatinya, selamat diri dan keluarganya terhindar dari semua bala' dan bencana atau malapetaka.
5.) Dan siapa orang yang membaca Sholawat Fatih 1000x pada malam Jumaat atau malam Khamis atau malam Isnin, maka orang tadi esok(di akhirat) dapat berkumpul dengan Nabi Muhammad SAW.
* Adapun caranya sebelum membaca Sholawat, sholat sunnah 4 rakaat :
1.) Rakaat pertama ba'da Fatihah membaca Surat Al Qadar.
2.) Rakaat ke-dua membaca Surat Al Kafirun.
3.) Rakaat ke-tiga membaca Surat Al Falaq.
4.) Dan rakaat ke-empat membaca Surat An Naas.
( Kitab Afdholus Sholawat : 142.)
Dan aku bersaksi bahawa tiada Tuhan melainkan Allah yang satu pada zat-Nya, yang satu pada Asma’-Nya dan Sifat-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Sayyidina Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam hamba-Nya dan utusan-Nya yang dimuliakan dan kekasih-Nya yang diagungkan dan Nur-Nya yang Mutholsam dan jalan-Nya yang sempurna yang lurus. Telah berselawatlah oleh Allah atasnya dan atas keluarganya yang suci lagi terpilih dan pencinta Rasulullah dari golongan yang baik-baik dan begitu juga telah sejahteralah dengan sebenar-benar sejahtera.
Maka, ketahuilah wahai para sahabat pada yang hendak sampai kepada hadrat Tuan bagi segala Tuan bahawa pintu hadrat itu satu jua, iaitu kasih akan Nabi yang suka bertaubat Shallallahu Alaihi Wasallam Wa Jumlatil Ali Wal Ashhab.
Telah berkata Hujjatul Islam Mujaddidul Millah As-Syeikh Abd Wahhab As-Sya’rani As-Syafie Al-Alawiy Radhiyallahu Anhu dalam Kitab Lawaqi-'ul Anwar al-Qudsiyyah Fil 'Uhuudil Muhammadiyah :
" Ketahui wahai saudaraku bahawa jalan untuk sampai ke hadrat Allah Subhanahu Wa Taala daripada jalan berselawat atas Rasulullahi Shallallahu Alaihi Wasallam adalah sedekat-dekat jalan kepada Allah."
Dan telah berkata olehnya lagi Radhiyallahu Anhu pada tempat yang lain.
" Maka jika perbanyak oleh engkau daripada berselawat dan bersalam atasnya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam boleh jadi engkau sampai kepada maqam melihat Rasulullahi Shallallahu Alaihi Wassalam. Dan itulah cara yang dibawa oleh as-Syeikh Nuruddin as-Syuuni dan Syeikh Ahmad az-Zawawi dan as-Syeikh Muhammad bin Daud al-Manzalaawi dan satu kelompok daripada syeikh-syeikh sezaman. Maka berkekalan lah setiap daripada mereka berselawat atas Rasulullahi Shallallahu Alaihi Wasallam. Dan membersih oleh mereka daripada segala dosa(yakni bersholawat) sehingga berhimpun bersama Rasulullahi Shallallahu Alaihi Wasallam secara Yaqozhoh(nyata) pada bila-bila masa yang dikehendaki. Dan sesiapa yang tidak berhasil baginya akan pertemuan ini (berhimpun bersama Rasulullah) maka adalah dia hingga sekarang ini (masa tidak bertemu lagi) tidak memperbanyakkan membaca selawat atas Rasulullahi Shallallahu Alaihi Wasallam akan sebagai banyak yang dituntut bagi menghasilkan baginya maqam ini."
Dan telah berkata Ibnu Farhun al-Qurthubi al-Maliki Radhiyallahu Anhu :
" Sesungguhnya pada sholawat atas Rasulullahi Shollallahu Alaihi Wasallam ada 10 karomah :-
1.) Yang terbesar dapat sholawat daripada Raja Yang Maha Gagah.
2.) Mendapat syafaat Sayyidina Muhammad saw.
3.) Mengikut sunnah Malaikat.
4.) Menyalahi orang-orang Munafik dan Kuffar.
5.) Memadamkan kesalahan dan dosa.
6.) Membantu menunaikan hajat dan permintaan.
7.) Menyinari zahir dan batin.
8.) Kejayaan dari negeri kebinasaan.
9.) Memasuki negeri yang kekal abadi.
10.) Ucapan selamat dari Allah.
Dan telah berkata as-Syeikh al-Hadhrami Radhiyallahu Anhu :
" Sesungguhnya sholawat atasnya Shallallahu Alaihi Wasallam satu tangga, tempat naik, dan jalan kepada Allah Taala sekiranya tiada bagi Tholib itu Syeikh yang Mursyid(membimbing).
Dan telah berkata anak muridnya al-Wali al-Kamil Sayyidi Ahmad Zuruq al-Maliki Radhiyallahu Anhu tuan al-Qowa-idush Shufiah :
" Sesungguhnya sholawat atasnya Shallallahu Alaihi Wasallam mengangkat semangat orang yang sedang berhadap jika adalah orang itu pada maqam yang terumbang-ambing(imannya) kerana bahawasanya menyebut sholawat itu Nur dan Hidayah."
Dan telah berkata al-Allamah al-Kamil al-Wali al-Washil as-Syeikh as-Sunusi Radhiyallahu Anhu :
" Sesiapa tiada Syeikh yang Mursyid( yg membimbing ) maka memperbanyaklah oleh dia daripada sholawat atas Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Maka sesungguhnya sholawat itu menyampaikan kepada pembukaan yang nyata."
Dan telah berkata Syeikhul Islam al-Hafidz Ibnu Hajar :
" Sesungguhnya sholawat atas Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membuka kimia kejayaan akan beberapa pintu yang tidak boleh dibuka oleh yang lainnya."
Dan terdapat di dalam kitab Bughyatus Saalik bagi Imam as-Saahili Radhiyallahu Anhu :
" Bahawa diantara sebesar-besar hasil dan sebaik-baik faedah yang diusahakan dengan sholawat atasnya Shallallahu Alaihi Wasallam ialah tercetak gambar (wajah) Rasulullahi Shallallahu Alaihi Wasallam pada diri seseorang itu akan sebagai cetakan yang lekat yang berakar umbi. Dan untuk demikian itu akan menghasilkan, dengan syarat istiqomah/ rutin atas bersholawat atas Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dengan tujuan yang ikhlas serta mengikut syarat-syarat, adab-adab dan memahami makna-makna hingga tetaplah pada seseorang itu di dalam batinnya akan sebagai tetap yang benar lagi suci, cantuman nafas orang yang bersholawat dengan nafas Sayyidina Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Dan bermesra-mesra diantara keduanya pada tempat yang dekat dan suci akan sebagai mesra yang dengan sekira-kira tidak dapat dibezakan lagi. Maka seseorang itu beserta sesiapa yang disayanginya."
Cukuplah setakat ini aku jernihkan segala kekeruhan yang ada yang aku pindahkan daripada perkataan orang-orang yang baik-baik. Maka sesungguhnya tiada kemampuan atas hendak menceritakan kesemua keterangan mengenai perkara ini.
Dan telah memindah sekelompok orang-orang yang Muhaqqiq daripada Jumhur Arifin yang Muta-akhirin Radhiyallahu Anhum :
" Bahawa ibu sholawat dan puncanya dan ruhnya dan rahsianya, sholawat yang dinamakan dengan al-Yaqutatil Faridah dan masyhur diantara manusia dengan Sholawat al-Fatih. Dan mengisyaratkan kepadanya di sisi pemimpin al-Ariffin dengan pembukaan Hakikat Muhammadiyyah. Dan orang yang pertama menimbulkannya ialah al-Qutbil al-Kamil as-Syeikh al-Washil, pensyarah titik BA’ pada basmalah di dalam 2000 majlis, Muhammad Mushthofa al-Bakri as-Shiddiqi al-Kholwati Radhiyallahu Anhu. Maka sesungguhnya telah bertawajjuh olehnya kepada Allah selama 40 tahun memohon bahawa diberi satu sholawat yang padanya terkandung sekalian rahsia sholawat. Maka datanglah Malaikat dengan cebisan kertas daripada cahaya yang ditulis padanya Sholawat Fatih. Dan telah berkata olehnya Radhiyallahu Anhu :
" Sesiapa yang membacanya sekali seumur hidup padahal memasuki ia akan Neraka maka peganglah tangan aku di hadapan Allah."
Dan telah berkata pada Sholawat Fatih oleh Umbi Kasturi dan Bulan Purnama al-Qutbil Maktum wal-Khatmil Muhammadiyyil Maklum Sayyidi Ahmad At-Tijani al-Hasani Radhiyallahu Anhu Wa Ardhohu Wa ‘Anna Bihi, memindah dari Sayyidil Wujud Shollallahu Alaihi Wasallam :
" Sesungguhnya khasiat Sholawat Fatih Lima Ughliq perkara yang bangsa Ketuhanan yang tidak ada jalan untuk diterima akal. Maka jika engkau andaikan ada 100,000 umat, pada setiap umat ada 100,000 kabilah, pada setiap kabilah ada 100,000 lelaki, hidup setiap seorang daripada mereka 100,000 tahun menyebut setiap seorang daripada mereka setiap hari 100,000 sholawat atas Rasulullahi Shallallahu Alaihi Wasallam daripada sholawat yang lain, dan dihimpun pahala mereka kesemuanya pada sholawat yang tersebut itu, tidaklah dapat menandingi sekalian pahala itu dengan satu pahala daripada Sholawat Fatih."
Dan semoga Allah mengganjari daripada kita penulis tulisan ini (Sayyidish-Sholawat), ar-Rabbani al-Allamah al-Muhaqqiq keturunan Syarif As-Sayyid Kiyai Fauzan al-Jawa at-Tijani al-Muntahi yang dinasabkan kepada Sunan Ampel Radhiyallahu Anhu dan kepada Maulana Syahid Karbala Husain Alaihis Salam. Maka sangat baik dan bermanfaat dan terang maksud pada mensyarahkan Sholawat al-Yaqutah yang tersebut.
Meminta kepada Allah dengan kehormatan kunci Hadrah Kemuliaan dan Kemurahan Sayyidina Muhammad yang merupakan pasak dan punca setiap yang ada bahawa membuka bagi kita dan sahabat-sahabat kita Futuh Sholawat Fatih. Dan melempar akan kita pada martabat Sholawat Fatih yang Batin dan martabatnya yang Batinul Batin iaitu lah pembukaan Ismul A’azhom yang khas yang tersimpan pada Ismul A’azhom itu kehebatan nama Allah yang Agung lagi Diagungkan lagi yang Lebih Agung dan Nabi-Nya yang Terpilih dan Terlebih Mulia.
Dan telah berselawat oleh Allah atas Sayyidina Muhammad Al-Fatih Lima Ughliq al-Khatim dan atas Keluarganya sesuai dengan martabat dan tingkatannya yang agung.
Kita hadiahkan Pahala al Fatihah dan sholawat kepada Penterjemah Risalah diatas kerana beliau telah pun kembali ke Rahmatullah. Semoga beliau dikumpulkan bersama Nabi Muhammad S.A.W, Para Rasul, Para Nabi, Para Wali dan orang-orang solihin. Aamiin...Aamiin...Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.. al fatihah.
SELESAI..
SEKIAN DAHULU..
QUL HU ALLAHU AHAD. LAA ILAHA ILLA ANTA SUBHANAKA INNI KUNTU MINAZ ZALIMIN. LA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAH...
Seperti biasa ambil sisi positif dari keilmuan dan cerita ini, yang negatif jangan diambil. Kekuatan yang tidak bisa ditandingi adalah, kekuatan daripada Allah s.w.t. Sang Maha Pencipta.
Sekiranya ada tutur bahasa dan tingkah laku yang tidak berkenan di hati para sahabat-sahabat semua, aku. TOK PENJEJAK BADAI, dengan merendahkan diri memohon maaf....
TERIMA KASIH......
OLEH :
TOK PENJEJAK BADAI.


1 comment:

  1. Qobiltu..mohon izin untuk mengamalkan nya. Dari Saya Sufian

    ReplyDelete

About

Popular Posts