Trending

Tuesday 31 July 2018

AMALAN QOSAM MEMANGGIL RAJA JIN NAMA DAN GOLONGANNYA


AMALAN QOSAM MEMANGGIL RAJA JIN, NAMA DAN GOLONGANNYA.
Terkadang kita panjang lebar berdebat tentang boleh tidaknya menggunakan jasa Jin untuk membantu memenuhi kebutuhan kita. Padahal belum tentu yang berdebat itu tahu tentang bagaimana Jin itu sebenarnya, apakah sekedar prasangka atau memang sudah mengetahui benar hakikat Jin yang sebenarnya.
Di sinilah kita harus benar-benar mengetahui tentang dunia Jin dengan alasan, kita dapat membezakan antara Jin dan Manusia secara pasti dan bukan cuma teka dan prasangka atau opini belaka. Lebih lanjut, perlu kita ketahui bahwa bahas tentang Jin ini di abadikan dalam Al-quran, tak segan-segan bahkan di namakan Surah Al Jin.
Jadi apakah membahas tentang Jin ini di larang atau tidak....? Lantas mengapa Allah menurunkan ayat tentang Jin bahkan memberikan nama surah tersebut dengan Surah Al Jin. Artinya mempelajari dunia JIN (ghaib) hukumnya sah-sah saja, dan tentu ada syarat-syarat standart Iman Islam yang berlaku. Dan tentunya ilmu itu ada. Salah satunya adalah Qosam memanggil Raja Jin ini .
QOSAM SEBELUM MEMBACA AZIMAH-AZIMAH.
Qosam di bawah ini di baca sebelum kita membaca Azimah apa saja. Qosam ini sangat bermanfa'at sekali untuk menghadirkan Raja-Raja Jin dan Khodam dari Azimah apa saja. Qosam ini cukup di baca 1x sambil membakar Bukhur/ Kemenyan yang tidak di tentukan jenisnya. Qosam ini aku ambil dari kitab Jawahir Al-Lama'ah, hal 92 dalam Bab Ke 3 ; " Fi Dzikri Ba'dul Aqsami wad Da'awati wa Istikhdamati." Bab yang menerangkan sebagian Qosam-Qosam dan Doa serta menarik berbagai macam Khodam."
Penyusun kitab ini adalah Al-Ustadz Al-Kabir Syeikh Abu Hayyilah Al-Marzuqi. Qosam ini mempunyai banyak sekali khasiat yang tidak dapat aku tulis semuanya disini, diantaranya untuk menghadirkan dan menundukkan dengan seketika Para Khodam, Qobilah-Qobilah Jin yang menguasai Sungai-sungai, Lautan, Awan, Lembah, Mata air, Kebun, Pohon yang tinggi, Kuburan-kuburan, Rumah-rumah, Goa, Batu-batu Besar dll.
Di kisahkan Syeikh Ibnu Haji At-Tilmisani Al-Magribi di dalam kitabnya Syumusul Anwar bertemu dengan 7 Raja Jin di sebuah Goa setelah beliau beriyadhoh. Salah satu dari 7 Raja Jin tersebut bernama ISMAIL AL-KATIB berkata pada Syeikh setelah Syeikh Ibnu Haji terlebih dahulu membacakan pada mereka :
" AHAD SULAIMAN ", agar mereka berkata jujur. Ismail Al-Katib merupakan Pemimpin dari 7 Raja Jin di dunia.
Berkata Raja Jin Ismail Al-Katib :
" Wahai Ibnu Haji bahwa golongan Jin terdiri dari 70.000 Qobilah. Tiap-tiap 1 Qobilah mempunyai 70.000 Suku. Seandainya.engkau jatuhkan sebuah Jarum dari langit maka jarum tersebut pasti akan mengenainya." ( Sebetulnya dialog antara Syeikh dengan Ismail Al-Katib panjang sekali yaitu menceritakan tentang perbuatan-perbuatan para jin terhadap manusia seperti Sihir, Santet, kerasukan dll dan cara-cara mengobatinya sesuai Qobilah. Insya' Allah aku bahas dalam Bab Lain ) berikut di bawah ini sebagian kecil dari nama-nama Jin yang disegani dan mempunyai nama besar di kalangan bangsa jin agar sahabat-sahabat mengetahuinya.
NAMA-NAMA JIN YANG BERPENGARUH.
1.) 'Ifrit Dimriyat.
2.) 'Ifrit Syugol.
3.) 'Ifrit Man'iq.
4.) Hadliyaj.
( 4 Jin Ifrit di atas adalah para kepala Menteri Nabi Sulaiman as)
5.) Hamah bin Alhiim ibni Laqoysin.
6.) Syaywarod.
7.) 'Arwarod.
8.) 'Ifrit Rowdayail Al-Harib.
( 'Ifrit ini merupakan salah satu Ifrit yang lari dari kerajaan Nabi Sulaiman as)
9.) Zawba'ah Ar-Riyah.
(Raja Jin dari golongan Angin)
10.) 'Ifrit Dahmusyin.
11.) Samtoyal.
12.) Yaqutatah Binti Malik Al-Akbar.
( Putri Raja Jin Malik )
13.) Abu Hamid Al-Hindi ibni Al-’Allamah Syantun.
( Jin ini terkenal Ibadahnya, Zuhudnya dan senantiasa memanjangkan sujud kepada Allah. Jin ini berasal dari negeri India yang menyukai warna hitam, ayahnya seorang Syeikh Tariqoh).
14.) Banu Ghoylan.
( Qobilah ini yang suka tinggal di Goa-Goa )
15.) Banu Khonadiq.
( Qobilah ini terkenal di kalangan bangsa Jin ibadahnya kepada Allah )
16.) Syamsul Qirmid Binti Malik Al-Abyad.
(Putri Raja Jin Putih )
17.) Fatimah As-Sahabiyyah.
( Putri Raja Jin dari Qobilah Awan yang suka memakai pakaian warna Merah )
18.) Dardam.
19.) 'Asob ibni Syamaliqoh.
20.) Awlad Ahmar.
( Awlad Ahmar merupakan Qobilah Jin yang suka menempati Mata Air )
21.) Banu Qomaqim.
( Qobilah Jin yang suka tinggal di gunung-gunung )
22.) Banu Nu'man.
( Qobilah yang suka tinggal di Rumah manusia )
23.) Banu Qoy'an.
( Qobilah yang suka tinggal di batu besar )
24.) Banu Qoysan.
( Qobilah yang suka tinggal di pohon yang tinggi )
25.) Banu Dahman.
( Qobilah yang suka tinggal di Kuburan )
26.) Banu 'Issy.
( Qobilah dari golongan Jin yang selalu terbang )
27.) Awlad Harist.
( Qobilah yang suka tinggal di kebun-kebun )
28.) Mabrosy.
29.) Saltuz.
30.) Sarhaq.
31.) Karhul.
32.) Karzus.
33.) Syamat.
( Qobilah yang suka tinggal di dekat Api )
34.) Hadam.
Dan Masih banyak lagi yang tidak dapat aku tulis disini. Inilah Qosam Ibtidaul 'Azaim. ( Qosam permulaan Azimah ) yang di maksud :
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM.
" A'JAMU ALAIKUM YA MA'SYAROL JAAN BI QOULILLAHI TA'ALA." ( Baca surah Jin ayat 1)
قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآناً عَجَباً
" WA BIQOWLIHI TA'ALA A'JAMU ALAIKUM AN TAHDURUU ILA HADROTII HADZIHI WA MAQOMII HADZA." Baca Surah Yasin Ayat 53.
إِن كَانَتْ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَّدَيْنَا مُحْضَرُونَ
" KADZALIKA TAHDURUUNA BI QOULIHI TA'ALA." ( Baca surah Al-Ahqof ayat 29- 32 )
وَإِذْ صَرَفْنَا إِلَيْكَ نَفَراً مِّنَ الْجِنِّ يَسْتَمِعُونَ الْقُرْآنَ فَلَمَّا حَضَرُوهُ قَالُوا أَنصِتُوا فَلَمَّا قُضِيَ وَلَّوْا إِلَى قَوْمِهِم مُّنذِرِينَ قَالُوا يَا قَوْمَنَا إِنَّا سَمِعْنَا كِتَاباً أُنزِلَ مِن بَعْدِ مُوسَى مُصَدِّقاً لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ يَهْدِي إِلَى الْحَقِّ وَإِلَى طَرِيقٍ مُّسْتَقِيمٍ يَا قَوْمَنَا أَجِيبُوا دَاعِيَ اللَّهِ وَآمِنُوا بِهِ يَغْفِرْ لَكُم مِّن ذُنُوبِكُمْ وَيُجِرْكُم مِّنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ وَمَن لَّا يُجِبْ دَاعِيَ اللَّهِ فَلَيْسَ بِمُعْجِزٍ فِي الْأَرْضِ وَلَيْسَ لَهُ مِن دُونِ هِ أَولِيَاء أُوْلَئِكَ فِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ
" FA AJIBUU WA ATI'UU." (Kemudian baca surah Al-Anfal ayat 21 dan ayat 23)ْ
وَلاَ تَكُونُواْ كَالَّذِينَ قَالُوا سَمِعْنَا وَهُمْ لاَ يَسْمَعُونَ
وَلَوْ عَلِمَ اللّهُ فِيهِمْ خَيْراً لَّأسْمَعَهُمْ وَلَوْ أَسْمَعَهُمْ لَتَوَلَّواْ وَّهُم مُّعْرِضُونَ
" AJIBUU WA 'AJJILUU BIL AJNIHATIT TOYYAROTI WAL LUGHOTIL MUKHTALIFATI WAL ASNAFIL 'AJIBATI INNALLOHA 'ALA JAM'IHIM IDZA YASYA U QODIRUN AINAT TOYYARUNA FIL HAWA I FIL HAWAI AINAL MUSTAROQUNAS SAM'I MINAS SAMA I AINAL GHOWASUNA TAHTA ATBAQIS TSARO AINAL ITSNANI WA SAB'UUNA QOBILATIN MIN QOBAILIL JINNI AL MA'DZUNATI BIT TO'ATI TAHATAD DAIROTI KHOTAMI SULAIMANA IBNI DAWUUDA ALAIHIMAS SALAM BIHAQQI." Baca surah An-Naml Ayat 39-40.
قَالَ عِفْريتٌ مِّنَ الْجِنِّ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَن تَقُومَ مِن مَّقَامِكَ وَإِنِّي عَلَيْهِ لَقَوِيٌّ أَمِينٌ
قَالَ الَّذِي عِندَهُ عِلْمٌ مِّنَ الْكِتَابِ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَن يَرْتَدَّ إِلَيْكَ طَرْفُكَ فَلَمَّا رَآهُ مُسْتَقِرّاً عِندَهُ قَالَ هَذَا مِن فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ وَمَن شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّي غَنِيٌّ كَرِيمٌ
" MANKANA MINKUM MIN ASYBAHI ARWAHIL YAHUDI FAINNI AQSAMTU ALAIKUM BIL 'UHUDI WA MIMMA KUTIBA FI AYATIS SUURI WA INKUNTUK MIN ASYBAHI ARWAHIN NASORO FA INNI AQSAMTU ALAIKUM BI INZILA ISA WA IN KUNTUM MIN ASYBAHI ARWAHIL MUSLIMINA FA INNI AQSAMTU ALAIKUM BI MUHAMMADIN KHOTAMIN NABIYYINA." ( Kemudian baca surah An-Naml Ayat 17, 30,31 )
وَحُشِرَ لِسُلَيْمَانَ جُنُودُهُ مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنسِ وَالطَّيْرِ فَهُمْ يُوزَعُونَ
إِنَّهُ مِن سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
أَلَّا تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِينَ
" MA DA’AWTUKUM ILLA FI QODOI HAWAIJIL MUSLIMIN BAROKALLOHU FIKUM WA ‘ALIKUM WA JADAKUMULLOHA NURUN ‘ALA NURIN WAL HAMDULILLAHI ROBBIL ‘ALAMINA."
Qosam ini di baca dawam/rutin ba'da sholat Magrib dan Subuh 7x.
- Tok Penjejak Badai

2 comments:

About

Popular Posts