Trending

Monday 28 January 2019

Ikan cupang paling digemari oleh penghobi ikan cupang adalah Plakat



Salah satu jenis ikan cupang paling digemari oleh penghobi ikan cupang adalah Plakat. Di arena kontes banyak orang menyebut bahwa kategori ikan jenis plakat merupakan kelas "Neraka" terutama pada kategori bebas gelap (Besgel). Untuk mengikuti perlombaan di kelas ini maka kita perlu memiliki ikan dengan bentuk fisik sebagai berikut.
1. Bentuk Kepala
Bentuk kepala ikan harus melengkung mulus pada bagian "Jidat Ikan". Betuk kepala tidak boleh dolphin, menyendok ataupun bungkuk. Selain itu tutup insang (operculum) pada ikan dapat membuka secara sempurna.
2. Bentuk Badan
Bentuk badan ikan bagian atas mulai dari punggung hingga ke pangkal ekor bentuknya agak melengkung secara mulus, sedangkan bentuk badan bagian bawah cenderung membentuk lurus dengan sedikit lengkung dari belakang perut hingga ke pangkal ekor. Secara utuh bentuk badan ikan tidak boleh bengkok patah.
3. Bentuk Dorsal
Bentuk dorsal pada ikan cupang plakat harus berdiri tegak lurus menendang kedepan, membuka dengan sempurna (tidak kendor) dan pada saat caudal membuka, dorsal harus lebih tinggi daripada ekor belakang (Caudal).
4. Bentuk Caudal
Bentuk ekor caudal pada ikan plakat harus membuka secara sempurna dengan lebar minimal 180 derajat. Ekor belakang (Caudal) harus bersentuhan (over) dengan dorsal maupun anal. Bentuk tulangan caudal pada ikan plakat harus, teratur dan tidak bengkok,
5. Bentuk Anal/Ekor Bawah
Anal pada ikan plakat idealnya berbentuk trapesium dengan tulangan yang teratur. Pada saat membuka ekor bawah ikan tidak boleh kendor atau terlipat.
6. Dasi
Dasi pada ikan cupang plakat memiliki beberapa bentuk seperti dasi belati, kupu-kupu, dan pedang. Panjang dasi harus melebihi panjang dari anal atau "minimal" harus sama dengan panjang anal bagian belakang. Secara fisik dasi harus seimbang atau sama.
7. Bentuk Pangkal Ekor
Bentuk pangkal ekor harus lurus atau sejajar dengan badan ikan. Tidak boleh bengkok dan nungging.
Sallam ngedok






Comments
0 Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts