Trending

Tuesday 11 September 2018

MANFAAT SHOLAWAT NARIYAH TAFRIJIYAH



MANFAAT SHOLAWAT NARIYAH / TAFRIJIYAH.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…Sahabat-sahabat yang aku hormati semuanya, tidak kira di mana jua berada. Baik dari dunia nyata mahupun sahabat-sahabat dari dunia ghaib. Segala puji syukur kehadirat Allah swt. Selawat senantiasa dihaturkan keatas Junjungan Baginda Nabi Muhammad saw. Tiada setitik niat pun dihati ini untuk menggurui siapa, hanya mencari dan mengharap redho Allah swt semata. Dan dengan kerendahan hati yang paling dalam, izinkan aku yang miskin ilmu lagi dhoif ini, berbagi sedikit ilmu dan pengalaman untuk dikongsi bersama sahabat-sahabat semua.... Insha Allah....
Di kesempatan kali ini aku tuliskan artikal tentang ; Manfaat Doa Sholawat Nariyah, itu. Disebutkan dalam kitab Khozinatul Asror (halaman 179) bahwa salah satu sholawat yang mustajab adalah Shalawat Tafrijiyah Qurthubiyah yang disebut orang Maroko dengan Sholawat Nariyah. Kerana jika mereka ummat Islam mengharapkan apa yang dicita-citakan atau ingin menolak yang tidak disukai mereka berkumpul dalam satu majelis untuk membaca Sholawat Nariyah ini sebanyak 4,444 kali dan tak lama kemudian tercapailah apa yang dikehendaki tersebut.
Shalawat ini juga oleh para ahli hikmah yang tahu rahasia alam diyakini sebagai kunci gudang yang mumpuni(complete). Dan Imam Dainuri memberikan komentarnya :
Siapa membaca sholawat ini sehabis sholat fardhu 11 kali digunakan sebagai wirid maka rezekinya tidak akan putus disamping mendapatkan pangkat kedudukan dan tingkatan orang kaya.
Hadits riwayat Ibnu Mundah dari Jabir mengatakan Rasulullah SAW bersabda :
" Siapa membaca sholawat kepadaku 100 kali maka Allah SWT akan mengijabahi 100 kali hajatnya 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia."
Dan hadits Rasulullah SAW yang mengatakan :
" Perbanyaklah sholawat kepadaku kerana dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan."...
Demikian pula seperti tertuang dalam kitab An Nuzhah yang di kutip juga dalam kitab Khozinatul Asror. Diriwayatkan juga Rasulullah di alam barzakh mendengar bacaan sholawat dan salam dan dia akan menjawabnya sesuai jawaban yang terkait dari salam dan sholawat tadi.
SEJARAH SINGKAT SHOLAWAT NARIYAH / TAFRIJIYAH.
Sholawat Nariyah adalah sebuah sholawat yang disusun oleh Syekh Nariyah, beliau hidup pada zaman Nabi Muhammad SAW. Sehingga termasuk salah satu sahabat nabi dan beliau lebih menekuni pada bidang ketauhidan. Syekh Nariyah selalu melihat kerja keras Nabi SAW dalam menyampaikan wahyu Allah mengajarkan tentang Islam amal saleh dan akhlaqul karimah sehingga syekh selalu berdoa kepada Allah memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk nabi. Doa-doa yang menyertakan nabi biasa disebut sholawat dan Syekh Nariyah adalah salah satu penyusun sholawat nabi yang disebut Sholawat Nariyah.
Suatu malam Syekh Nariyah membaca sholawatnya itu sebanyak 4,444 kali. Maka lalu setelah membacanya beliau mendapat karomah dari Allah. Maka dalam suatu majelis beliau mendekati Nabi Muhammad dan meminta dimasukan Surga pertama kali bersama nabi. Dan Nabi SAW pun mengiyakannya, subhanallah. Ada seseorang sahabat yang cemburu dan lantas minta didoakan yang sama seperti Syekh Nariyah. Namun nabi mengatakan tidak boleh kerana Syekh Nariyah sudah meminta terlebih dahulu.
Mengapa permintaan sahabat itu ditolak nabi dan justru Syekh Nariyah yang mungkin para sahabat itu tidak mengetahui mengenai amalan yang setiap malam diamalkan oleh Syekh Nariyah yaitu mendoakan keselamatan dan kesejahteraan nabinya. Orang-orang yang mendoakan Nabi Muhammad SAW pada hakekatnya adalah mendoakan untuk dirinya sendiri kerana Allah sudah menjamin nabi-nabi-Nya sehingga doa itu akan berbalik kepada si pengamalnya dengan keberkahan yang sangat kuat.
Jadi Nabi SAW berperan sebagai wasilah yang dapat melancarkan doa umat yang bersholawat kepadanya. Inilah salah satu rahasia doa atau sholawat yang tidak banyak orang tahu sehingga banyak yang bertanya kenapa nabi malah didoakan umatnya. Dan untuk itulah jika kita berdoa kepada Allah jangan lupa terlebih dahulu bersholawat kepada Nabi SAW kerana doa kita akan lebih terkabul daripada tidak berwasilah melalui bersholawat.
Inilah riwayat singkat Sholawat Nariyah. Hingga kini banyak orang yang mengamalkan sholawat ini tak lain kerana meniru cara yang dilakukan Syekh Nariyah dan ada baiknya sholawat ini dibaca 4,444 kali kerana Syekh Nariyah memperoleh karomah setelah membaca 4,444 kali. Jadi jumlah amalan itu tak lebih dari itba atau mengikuti ajaran Syekh Nariyah.
Melihat dari semua itu kalau bagi aku peribadi keberadaan sholawat ini sangatlah besar manfaatnya dan bagi yang sering mengamalkannya mudah-mudahan saja akan hilang penyakit iri dengkinya serta rezeki kian bertambah. Niat aku menulis dan berkongsi Shalawat Nariyah ini adalah semata-mata untuk menyampaikan bahwa dengan berdoa dan berzikir, Insya Allah, Allah akan selalu sayang kepada kita dan apa yang kita cita-citakan kelak akan terwujud.. Aamiin.
Sholawat Tafrijiyah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sholawat Nariyah ini mempunyai keutamaan dan khasiat yang sangat besar sekali jika kita mahu mengamalkannya, diantaranya adalah :
Pertama :
Akan dipercepat keinginan atau hajat kita yang penting.
Kedua :
Dapat melapangkan segala kesempitan.
Ketiga :
Mempermudah tercapainya cita-cita yang kita inginkan.
SHOLAWAT NARIYAH.
اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ.
ALLAAHUMMA SHALLI SHALAATAN KAAMILATAN WA SALLIM SALAAMAN TAAMMAN ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADINIL LADZII TANHALLU BIHIL ‘UQQDU WA TANFARIJU BIHIL KURABU WA TUQODHAA BIHIL HAWA-IJU WA TUNAALU BIHIR RAGHAA-IBU WA HUSNUL KHAWAATIMIWA YUSTASQOL GHAMAAMU BIWAJHIHIL KARIIMI WA ‘ALAA AALIHI WA SHAHBIHI Fil KULLI LAMHATIN WA NAFASIN BI’ADADI KULLI MA’LUUMIN LAKA YAARABBAL ‘AALAMIIN.
Artinya :
Wahai Tuhanku, limpahkanlah rahmat dengan rahmat yang sempurna dan keselamatan yang sempurna kepada penghulu kami Nabi Muhammad Saw yang melepaskan kesulitan dengan beliau dan hilangnya kesusahan dan terkabulnya hajat dan tercapainya segala yang disukai dan husnul khatimah( baik akhir hidupnya) serta turunnya hujan dari awal lantaran keagungan dan kemuliaan Nabi Muhammad Saw. dan kepada keluarga, para sahabat beliau tiap-tiap mata yang melirik dan tiap-tiap jiwa yang bernafas dengan bilangannya yang Engkau ketahui. Wahai Tuhan seru sekalian alam.
Adapun cara mengamalkan Sholawat Nariyah adalah sebagai berikut :
TATA CARANYA :
* Apabila kita mempunyai suatu hajat yang sangat penting, maka bacalah sholawat tersebut di atas sebanyak 4.444x dalam satu majelis (satu dudukkan).
* Atau dapat pula dibaca secara istiqomah/rutian setiap kali selesai mengerjakan sholat fardhu sebanyak 11x.
* Atau dapat juga dibaca sebanyak empat puluh 40x atau seratus 100x secara istiqomah setiap hari, baik siang mahupun malam.
Insya Allah dengan izin-Nya apa yang menjadi hajat kita maka itu akan segera terkabulkan.
* Jika mendapat kesusahan kerana kehilangan barang, khendaknya membaca sholawat ini sebanyak 4444 kali. Insya Allah barang yang hilang akan cepat kembali. Jika barang tersebut dicuri orang dan tidak dikembalikan, maka pencuri tersebut akan mengalami musibah dengan kehendak Allah swt.
Setelah membaca Sholawat ini hendaknya membaca doa sebagai berikut (boleh dibaca dengan bahasa Melayu):
DOANYA :
" Ya Allah, dengan berkah Sholawat Nariyah ini, saya mohon Engkau kembalikan barang saya." 11x.
Doa ini dibaca 11 kali dengan hati yang penuh harap dan bersungguh-sungguh..
1.) Barangsiapa yang membaca Sholawat Nariyah sebanyak 11 kali setelah sholat fardhu maka Allah akan memudahkan rezekinya dan mengangkat derajatnya di mata masyarakat.
2.) Barangsiapa membaca Sholawat Nariyah 31 kali setiap sehabis sholat fardhu akan dimudahkan segala urusannya.
3.) Barangsiapa membaca Sholawat Nariyah sebanyak 90 kali setiap harinya akan dimudahkan rezekinya, dibukakan pintu kebijakan, dijauhkan dari segala penyakit oleh Allah SWT.
4.) Membaca Sholawat Nariyah sebanyak 300 kali setiap selesai sholat fardhu maka Allah akan mengabulkan segala hajat besar kita dan menjauhkan diri dari bahaya yang besar.
5.) Barangsiapa yang membaca Sholawat Nariyah sebanyak 4,444 kali, semua yang dikehendakinya akan tercapai dengan cepat.
Amalkanlah membaca semampunya dengan bersungguh-sungguh, Insya Allah keinginan kita yang selama ini belum tercapai akan segera terwujud. Itulah Manfaat Sholawat Nariyah.
Semoga dengan mengamalkan sholawat ini kita mendapat manfaatnya bagi kita semua selaku umat muslim dan terima kasih juga kepada sahabat-sahabat yang telah sudi meluangkan masa membaca artikal ini.
SEKIAN....
Seperti biasa ambil sisi positif dari keilmuan ini. Yang negatif jangan di ambil. Kekuatan yang tak bisa ditandingi adalah kekuatan daripada Allah swt Sang Maha Pencipta.
Sekiranya ada tutur bahasa dan tingkah laku yang tak berkenan dihati para sahabat-sahabat semua, aku. Tok Penjejak Badai dengan merendahkan diri memohon maaf....
TERIMA KASIH....
OLEH :
TOK PENJEJAK BADAI.


Comments
0 Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts